Sukoharjo — Rabu (27/10), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan acara bedah buku. Buku yang dibedah kali ini berjudul “Terapi Ruqyah dan Kesadaran Yang Berubah”. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan diakhiri pada pukul 12.00 WIB. Antusiasme peserta terlihat dari terpenuhinya kuota peserta dan juga para peserta yang berasal dari berbagai latar belakang keilmuan.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan II Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta, Zainal Muttaqin, Ph.D. yang mewakili Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta mendukung acara bedah buku tersebut. Pasalnya, acara bedah buku di zaman serba online saat ini mulai berkurang. Selain itu, bedah buku tersebut diharapkan dapat meningkatkan kecintaan para mahasiswa terhadap buku dan meningkatkan kesadaran bahwa buku sebagai referensi utama memiliki peran penting dalam keilmuan. Di sisi lain, pihak dekanat juga mengapresiasi kegiatan bedah buku tersebut karena buku yang dibedah sesuai dengan kekhasan program studi Tasawuf dan Psikoterapi.

Adapun Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog selaku Sekretaris Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta menyampaikan alasan pemilihan buku tersebut. Buku tersebut dianggap berhasil menjelaskan dinamika kejiwaan individu yang diterapi ruqyah dari perspektif psikologi, sehingga terapi ruqyah dapat membumi. Selain itu, Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog juga menyampaikan pentingnya proses dan keterampilan integrasi keilmuan umum dan Islam yang diwujudkan dalam bentuk penelitian terhadap terapi keislaman sebagai ciri khas Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta.

Narasumber pada acara tersebut adalah Sarka Ade Susana, S.I.P., S.Kep., M.A. selaku penulis buku “Terapi Ruqyah dan Kesadaran Yang Berubah” dan Dosen Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakart; serta Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog selaku Dosen Psikologi UGM dan President Of International Association Of Islamic Psychologist. Pada acara tersebut, Sarka Ade Susana, S.I.P., S.Kep., M.A. selaku penulis buku menceritakan latar belakang buku tersebut, bahwa buku tersebut berasal dari penelitian tesisnya ketika menjalani studi S2 Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Selain itu, Sarka Ade Susana, S.I.P., S.Kep., M.A. juga bercerita tentang pengalaman penelitiannya serta isi buku tersebut. Adapun Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog menjelaskan tentang integrasi keilmuan umum (dalam hal ini psikologi) dan Islam yang berguna untuk menceritakan proses ruqyah yang berdampak pada kondisi psikologis individu dan bisa menjadi media untuk mencapai kesehatan fisik dan psikis. Selain itu, Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog juga menjelaskan bahwa sebagai insan akademik maka seharusnya mahasiswa mempercayai jin di tengah perkembangan keilmuan modern yang tidak mempercayai peran jin terhadap gangguan kejiwaan. Dengan sikap mempercayai adanya peran jin tersebut, maka diharapkan penanganannya menjadi lebih komprehensif.

Leave a Reply