Semarang — Kamis (30/9) program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta mengadakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Griya Sehat Syafaat (GRISS) 99 Semarang. Penandatanganan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta dan bertempat di kantor Griya Sehat Syafaat (GRISS) 99 Semarang. Dalam hal ini, pihak program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta diwakili oleh Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog (Sekretaris Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta), sedangkan pihak GRISS 99 Semarang diwakili oleh Mustamir, S.Ked (pendiri GRISS 99 Semarang dan terapis sufi healing).

Ruang lingkup Memorandum of Agreement (MoA) tersebut meliputi: 1) peningkatan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam berbagai bidang, khususnya bidang kesehatan mental dan spiritual, keagamaan, sosial, dan budaya; 2) mengadakan forum ilmiah bersama berupa seminar, simposium, dan diskusi dalam tema kesehatan mental dan spiritual, keagamaan, sosial, dan budaya; 3) mengadakan penelitian ilmiah dalam bidang kesehatan mental dan spiritual, keagamaan, sosial, dan budaya; 4) menerbitkan karya ilmiah dalam bidang kesehatan mental dan spiritual, keagamaan, sosial, dan budaya; dan 5) kerjasama-kerjasama dalam kegiatan akademik/ilmiah lainnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, kedua pihak membicarakan berbagai macam prospek alumni program studi Tasawuf dan Psikoterapi serta prosedur alumni program studi Tasawuf dan Psikoterapi dalam membuka klinik terapi yang berizin. Kedua pihak sepakat bahwa asosiasi atau wadah untuk para terapis sufi healing perlu dibuat secara resmi agar menjadi kekuatan bagi alumni program studi Tasawuf dan Psikoterapi dalam memperoleh pengakuan dan izin praktik. Dengan demikian, kedua pihak sepakat untuk bersinergi dan bekerja sama dalam mewujudkan hal tersebut.

(Red/Foto: Ahmad Saifuddin – Sekretaris program studi Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta)

Leave a Reply