Sukoharjo — Kamis (16/09), Himpunan Mahasiswa Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (HMPS TP) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta mengadakan seminar nasional yang bertemakan “Nafas Mahabah: Orbit Cinta dalam Kidung Sufi”. Seminar nasional tersebut diadakan di aula SMPIT Al Anis Kartasura secara luring (dengan peserta terbatas) dan daring. Acara seminar nasional ini menjadi acara puncak sekaligus penutup dari serangkaian acara yang bertajuk “Semesta (Semarak Meraih Spiritual Bersama Tasawuf dan Psikoterapi)”. Narasumber pada acara seminar nasional tersebut adalah Sabrang Mowo Damar Panuluh (yang akrab disapa dengan Noe dan merupakan vokalis grup band Letto) dan Aguk Irawan MN (yang merupakan akademisi, sastrawan, penulis, dan tokoh agama).

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Kholilurrohman, M.Si., menyambut baik kegiatan tersebut. Selama acara berlangsung, kedua narasumber menyampaikan tentang konsep cinta dalam perspektif sufi. Kedua narasumber menekankan bahwa cinta sulit didefinisikan. Semakin cinta didefinisikan, justru akan semakin menyempitkan makna cinta. Cinta adalah perwujudan dari rasa Tuhan kepada para makhluk-Nya. Selain itu, kedua narasumber juga berpendapat bahwa cinta sering disalahartikan sebagai nafsu dan birahi. Padahal, cinta seharusnya membawa kepada kebaikan.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan berdiskusi dengan narasumber, baik secara luring maupun daring. Acara seminar nasional yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Leave a Reply