Sukoharjo — Selasa (13/04) HMPS Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta telah mengadakan Pelatihan Desain Grafis. Pelatihan ini merupakan pelatihan desain pertama yang diselenggerakan oleh HMPS Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta dan acara pertama yang diadakan di tengah bulan Ramadan. Acara diadakan di Gedung C 105 Kampus IAIN Surakarta. Peserta pada acara ini dikhususkan untuk para anggota HMPS Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta, dengan mengambil tema “Menumbuhkan Kreativitas dengan Mengembangkan Skill Desain Grafis” diharapkan dapat menambahkan skill yang dimiliki oleh para anggota HMPS Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta, sehingga dapat membantu dalam memajukan program studi Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta dalam bidang desain grafis.

Secara spesifik, dalam pelatihan desain kali ini menggunakan aplikasi design Coreldraw X7. Dalam acara tersebut, Aditya Putra Dermawan, mahasiswa Psikologi Islam IAIN Surakarta, ditunjuk sebagai pemateri. Pemateri mengatakan bahwa ia sendiri belajar secara otodidak melalui YouTube mengenai cara-cara mendesain mengunakan aplikasi Corel Draw X7 ini. Pemateri menyampaikan agar Departemen Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dari HMPS Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta dapat mempunyai konten kreator yang dapat diandalkan untuk membuat konten-konten kreatif dan positif.

Pelatihan dimulai tepat pada pukul 16.00 WIB. Selama acara seluruh peserta dan pemateri tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Para peserta juga dengan seksama mendengarkan setiap materi yang dijelaskan oleh pemateri. Acara inti berakhir pada pukul 17.00 WIB atau tepat beberapa waktu sebelum berbuka puasa dan diakhiri dengan adanya buka puasa bersama peserta dengan pemateri. Diharapkan acara ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga pengetahuan dan skill desain yang diterima oleh peserta semakin meningkat, bukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi namun juga dengan berbagai macam aplikasi desain lainnya.

(Foto dan Red: Departemen Kominfo HMPS Tasawuf dan Psikoterapi 2021)

Leave a Reply