Sukoharjo — Senin (12/04) Telah diselenggarakan acara khatmil Qur’an dan sarasehan dalam rangka memperingati hari lahir atau milad ke-5 Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta. Acara berlangsung di Gedung C101 Kampus IAIN Surakarta dengan peserta yang terbatas dan hanya perwakilan beberapa mahasiswa dari setiap angkatannya. Namun, dosen dan mahasiswa yang tidak dapat hadir secara langsung tetap dapat mengikuti acara via Google Meet yang telah disediakan oleh HMPS Tasawuf dan Psikoterapi selaku panitia.

Acara dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB. Acara ini mengambil tema “Menguatkan Kekeluargaan, Menyemarakkan Milad”. Acara diisi dengan khatmil Qur’an yang dimulai dengan khataman Al-Qur’an yang sebelumnya seluruh mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi sudah membaca Al-Qur’an 29 juz. Kemudian, juz 30 dibaca bersama saat acara berlangsung dan dilanjutkan dengan doa khatmil Qur’an. Acara berikutnya adalah pemotongan tumpeng dan sesi sharing antara dosen dan mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi.

Dalam sambutannya, ketua program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta, Supriyanto, M.Ud, menyampaikan bahwa beliau berharap dalam tahun ke-5 ini, mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi dapat semakin bersemangat untuk belajar di program studi Tasawuf dan Psikoterapi. Selain itu, Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog selaku sekretaris program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta memiliki harapan untuk program studi Tasawuf dan Psikoterapi, HMPS Tasawuf dan Psikoterapi, dan mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi dapat saling bersinergi. Selain itu, kegiatan-kegiatan yang akan diadakan oleh HMPS Tasawuf dan Psikoterapi selanjutnya memiliki orientasi yang mengarah kepada dua hal, yakni tari sufi dan sufi healing dengan tasawuf-reiki, guna memperkuat distingsi atau scientific vision program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan juga HMPS Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta berkegiatan dengan orientasi selain dua hal tersebut, selama masih sesuai dengan visi dan misi program studi, fakultas, IAIN Surakarta, dan Kementerian Agama. Saifuddin juga mendorong mahasiswa untuk berani berkompetisi dalam perlombaan, baik perlombaan yang bertemakan tasawuf dan psikoterapi, psikologi, maupun bidang lain sesuai dengan bakat dan minat masing-masing mahasiswa. Selain Supriyanto, M.Ud. dan Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog, dosen yang turut hadir secara luring adalah Siti Fathonah, M.A. dan Lintang Seira Putri, S.Psi., M.A. yang juga turut memberikan arahan dan dorongan kepada para mahasiswa. Adapun dosen lain mengikuti acara melalui daring.

(Foto dan Red: Dep. Kominfo HMPS Tasawuf dan Psikoterapi 2021)

Leave a Reply