Sukoharjo – Kamis (19/11), Komunitas Pegiat Tasawuf dan Psikoterapi (Kopi Sufi) mengadakan kegiatan perkenalan kepada mahasiswa program studi Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2019 dan 2020. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Supriyanto, S.Ud., M.Ud (Ketua Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta) dan Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog (Sekretaris Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta).

Kopi Sufi merupakan sebuah komunitas yang berisikan mahasiswa program studi Tasawuf dan Psikoterapi. Komunitas tersebut bertujuan untuk memberikan ruang belajar dan praktik tambahan bagi mahasiswa sehingga diharapkan lebih mengenal dan memahami terkait tasawuf dan psikoterapi. Beberapa kegiatan dari Kopi Sufi tersebut adalah kajian terkait tasawuf dan psikoterapi, inisiasi atau attunement tasawuf-reiki, serta belajar praktik tentang tasawuf-reiki.

Antusiasme terlihat pada mahasiswa program studi Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta angkatan 2019 dan 2020 yang hadir dalam acara tersebut. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta terkait tasawuf dan psikoterapi serta tasawuf-reiki. Abdul Haris, S.Ag. yang merupakan santri dari Pondok Pesantren Darul Afkar Ceper Klaten sekaligus sebagai narasumber dan pendamping Kopi Sufi memberikan penjelasan dari berbagai pertanyaan tersebut. Selain itu, Abdul Haris, S.Ag. juga mendorong para mahasiswa untuk melakukan attunement tasawuf-reiki agar memiliki keterampilan memberikan pengobatan kepada diri sendiri dan pihak yang membutuhkan. Sampai saat ini, Kopi Sufi diikuti oleh mahasiswa program studi Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2016, 2017, dan 2018.

(Ahmad Saifuddin – Sekretaris Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta)

Leave a Reply