Sukoharjo – Rabu (04/11) menjadi hari yang tak terlupakan bagi seorang mahasiswi program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta yang bernama Nurul Qomariyyah. Pasalnya, ia berhasil meraih predikat wisudawati terbaik cumlaude fakultas dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,77 dan lama studi 4 tahun 0  bulan. Selain itu, secara keseluruhan, Nurul berada di peringkat ketiga pada wisuda sarjana dan magister ke-45 IAIN Surakarta.

Nurul Qomariyyah berhasil mempertanggungjawabkan penelitian skripsinya di depan dewan penguji pada tanggal 15 Juli 2020. Penelitiannya berjudul “Dinamika Psikologis Ketenangan Jiwa Pada Pengikut Tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah di Pondok Pesantren Al Manshur Popongan Klaten”. Hasil penelitiannya menemukan bahwa pengikut tarekat memiliki ketenangan jiwa yang kompleks. Menggunakan teori Mujib & Mudzakir (2002), ketenangan jiwa ini meliputi memiliki solusi untuk permasalahan, mempunyai rasa sabar, dan percaya diri dalam menghadapi permasalahan.

Kompleksitas ketenangan jiwa tersebut nampak pada ketenangan jiwa yang sangat dinamis pada pengikut tarekat. Di satu sisi, ketika suatu permasalahan sudah dapat teratasi, maka kondisi kejiwaannya menjadi tenang. Di sisi lain, apabila mengingat permasalahan yang lain yang belum terselesaikan, maka muncul ketidaktenangan dan terdorong untuk melakukan mekanisme mencapai ketenangan jiwa. Temuan unik lainnya adalah adanya peran mursyid (guru tarekat) dalam berkontribusi membentuk ketenangan jiwa pengikut tarekat, serta adanya koping religius yang dilakukan pengikut tarekat (misalkan dengan berzikir dan salat taubat).

Nurul menjadi alumni kedua dari program studi Tasawuf dan Psikoterapi setelah sebelumnya Suparmi menjadi wisudawan pertama program studi Tasawuf dan Psikoterapi dan diwisuda pada bulan Agustus 2020. Penelitian Suparmi berjudul “Terapi Inabah Sebagai Metode Penyembuhan Korban Penyalahguna Narkoba di Pondok Pesantren Al-Islamy Kulonprogo Yogyakarta”. Selain Nurul, mahasiswa program studi Tasawuf dan Psikoterapi yang diwisuda pada wisuda sarjana dan magister ke-45 IAIN Surakarta bulan November 2020 ini adalah Rinda Setyaningsih. Rinda meneliti dengan judul “Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Terapi Inabah Di Griya Thibbun Nabawi As-Sajjad Girilayu, Matesih, Karanganayar”. Dengan demikian, total alumni program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta sebanyak tiga orang.

(Ahmad Saifuddin – Sekretaris Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta)

Leave a Reply