Sukoharjo – Kamis (22/10) program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta mengadakan pengenalan program studi bagi mahasiswa baru semester satu. Pengenalan program studi tersebut diadakan secara daring dan luring. Mahasiswa baru yang melaksanakan luring dibatasi, sedangkan mahasiswa baru lain yang tidak dapat mengikuti secara luring dapat mengikuti secara daring.

Acara tersebut dihadiri oleh Supriyanto, S.Ud., M.Ud. (ketua program studi Tasawuf dan Psikoterapi), Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog (sekretaris program studi Tasawuf dan Psikoterapi), Siti Fathonah, M.A. (dosen Tasawuf dan Psikoterapi), dan Lintang Seira Putri, S.Psi., M.A. (dosen Tasawuf dan Psikoterapi. Acara pengenalan program studi Tasawuf dan Psikoterapi pada awalnya diadakan oleh program studi. Namun, tradisi tersebut kemudian dilanjutkan oleh para mahasiswa setiap tahun akademik berganti. Dalam acara tersebut, ditampilkan pertunjukan tari sufi sebagai upaya memperkenalkan ciri khas program studi Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta.

Acara pengenalan tersebut bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam tentang program studi Tasawuf dan Psikoterapi kepada mahasiswa baru, misalkan terkait visi dan misi program studi, profil lulusan, pengenalan dosen, pengenalan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tasawuf dan Psikoterapi, profil lulusan, kurikulum dan struktur mata kuliah, serta pengenalan berbagai kegiatan yang ada dalam program studi Tasawuf dan Psikoterapi dan IAIN Surakarta. Selain itu, acara pengenalan program studi juga berisi tentang permasalahan terkait mahasiswa baru, misalkan perasaan salah memilih program studi dan solusinya, adaptasi atau penyesuaian diri di lingkungan yang baru dan program studi, mendorong mahasiswa baru untuk memupuk rasa kekeluargaan dan saling mendukung untuk keberhasilan studi, cara belajar, serta manajemen waktu.

(Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog – Sekretaris Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta)

Leave a Reply