Pada  tanggal 8-9 September 2018 HMJ Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta melaksanakan kegiatan MAKRAB atau Malam Pengakraban. kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Sepanjang, Gunung Kidul. Kegiatan  ini dilaksanakan setiap tahun sekali. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan Mahasiswa baru Tasawuf dan Psikoterapi kepada jurusan dan kepada mahasiswa TP angkatan 2016 dan 2017. Kegiatan ini bersifat wajib, sehingga semua mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi diharapkan mampu memaksimalkan kegiatan ini untuk lebih mengenal satu sama lain. Tujuan mulia ini dibingkai di dalam beberapa rangkaian acara diantaranya adalah pengenalan seft, penampilan tari sufi oleh mahasiswi TP, malam api unggun, diskusi idealisme dan senam pada pagi hari.

Di dalam pengenalan SEFT dijelaskan pengertian, tahap-tahap SEFT dan juga sekaligus ikut praktek SEFT yang didampingi oleh  mahasiswa angkatan 2016. Penampilan sufi dilaksanakan untuk mengisi waktu luang dan sekaligus mengenalkan tarian Maulana Jalaluddin Rumi. Maulana Jalaluddin Rumi adalah tokoh tasawuf yang terkenal sebagai pujangga Islam termasyur pada masanya, serta tarian sufinya yang mengundang perhatian banyak orang. sehingga tarian ini dikenal di pelosok dunia sampai saat ini. maka dari itu mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi diharapkan bisa menguasai tarian ini. di dalam tarian ini mengandung banyak makna. hal ini dapat dilihat dari atribut penari, seperti topi yang bermakna batu nisan. posisi tangan pada saat menari juga memiliki makna, seperti tangan kanan menengadah ke atas yang berarti memohon rahmat kepada Allah, tangan kiri menelungkup yang berarti memberikan rahmat yang telah diberikan oleh Allah kepada alam sekitar. menyilangkan tangan di depan dada yang berarti khauf. khauf dalam tasawuf berarti takut. membentuk love dengan tangan di depan perut yang berarti cinta. kemudian pada malam minggunya ada kegiatan api unggun. di kegiatan ini mahasiswa baru dan mahasiswa lama menampilkan pentas seni, seperti membaca puisi, bernyanyi, dan juga drama. setelah itu di pagi harinya ada kegiatan senam bersama.

Diharapkan setelah kegiatan MAKRAB terlaksana dapat membuat mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan pertama, kedua, dan ketiga saling mengenal. setelah kedekatan ini terbangun diharapkan dapat mempermudah komunikasi dari setiap angkatan dan dapat mempermudah penyelesaian problem di setiap angkatan Tasawuf dan Psikoterapi. selain itu juga dengan terlaksananya kegiatan ini diharpkan dapat mengenalkan pembelajaran Tasawuf dan Psikoterapi.

 

Leave a Reply