Pada tangal 26-27 Agustus 2017,  Mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi bekerja sama dengan HMJ AFI melaksanakan kegiatan MAKRAB (Malam Pengakraban). Kerjasama ini dilakukan disamping untuk mempererat hubungan antara Jurusan TP dan AFI juga untuk memberikan gambaran dan pengalaman kepada mahasiwa TP yang baru saja berdiri pada tahun 2016. Pada awalnya, mahasiwa TP ingin melaksanakan kegiatan MAKRAB ini mandiri, yakni tanpa bantuan HMJ AFI. Akan tetapi, oleh pihak kampus dilarang dan tidak diperbolehkan sebab mahasiswa TP belum mempunyai HMJ. Berhubung mahasiswa TP belum mempunyai wadah untuk menyatukan pikiran dan tujuan bersama, maka dibuatlah HIMA (Himpunan Mahasiswa Jurusan). Hal ini bukan saja dialami oleh mahasiswa TP, akan tetapi oleh jurusan baru, seperti PI dan MD.

Acara ini dilakukan selama dua hari, pada hari sabtu dan minggu di pantai Krakal. Meski Makrab ini dilakukan bersama dengan mahasiswa AFI namun pada beberapa kesempatan, seperti diskusi, mahasiswa TP dan AFI berpisah dan mencari tempat masing-masing karena pokok bahasan yang kita diskusikan sangatlah berbeda. Jika dipersatukan maka tidak akan efisien. Mahasiswa TP dan AFI melakukan kegiatan bersama ketika malam pengakraban yakni tepat pada malam minggunya yakni acara yang dilakukan untuk mengakrabkan mahasiswa adalah dengan menyalakan api unggun dan bernyanyi serta menunjukkan pensi (pentas seni) yang diisi oleh kelompok pensi masing-masing. Terbukti dengan cara ini, mahasiswa baru dan lama saling mengenal satu sama lain.

Terimakasih tidak lupa kami sampaikan kepada HMJ AFI yang telah memberikan pelajaran dan pengalaman yang sangat luar biasa kepada mahasiswa TP. Semoga Allah membalas jasa budi dan merahmati kalian. Semoga hubungan kita tidak hanya berlangsung di dunia yang fana’  ini, namun bersambung sampai kepada alam akhirat.

Aamiin…

Leave a Reply